VALENTINES DAY = LUPERCALIA (PENGHORMATAN PADA DEWA JUNO)

Thursday, February 10, 2011 0 Comments

Pada tahun 273 masehi seorang kepala suku terni dipasung oleh penguasa Roma, Terni adalah suatu tempat kira-kira 60 mil dari Roma. “Kenapa ia dipasung?” konon kabarnya gara-gara ia memesukan sebuah keluarga romawi ke dalam agama Kristen, peristiwa tersebut dikaitkan dengan perayaan gebyar Valentines Day.Gilanya, hajatan Valentines Day yang dirayakan anak-anak muda khususnya di Indonesia tidak nyambung sama sekali dengan histories lahirnya Valentines Day. Sadar atau tidak kegiatan rutin tahunan Valentines Day sudah kepalang dinobatkan sebagai hari kasih sayang di jagat raya ini, termasuk di budaya timur khususnya di Indonesia jadi ikutan latah merayakan hari kasih sayang yang tepatnya tanggal 14 Februari, padahal kita tidak tahu latar belakang peristiwa yang bukan berasal dari Islam.

Pada awalnya orang Romawi merayakan hari besar mereka pada tanggal 15 Februari yang diberinama LUPERCALIA. Peringatan ini adalah penghormatan pada dewa Juno. Dewa Juno adalah tuhan wanita dan tuhan perkawinan. Acaranya laki-laki dan wanita berkumpul dan
saling menyalurkan keinginan diantara mereka (KUMPUL KEBO). Seiring dengan berjalannya waktu pihak gereja di Romawi memidahkan upacara penghormatan Dewa Juno menjadi tanggal 14 Februari dan tujuanya pun dirubah bukan lagi menghormati Dewa Juno, tetapi menghormati seorang pendeta Kristen yang tewas dihukum mati. Nama acaranya pun bukan lagi LUPERCELIA tapi dirubah menjadi SAINT VALENTINES.
Melihat dari sejarahnya kita gak bisa menyangkal acara tersebut gak ada sangkut pautnya dengan islam.mari kita lihat acara ini dengan kacamata islam khususnya Q.S.AL-ISRO :36
yang artiny:
(Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.)

Rosululloh SAW pun melarang kita untuk menyerupai (TASYABBUH) ajaran suatau kaum.”Siapa yang menyerupai suatu kaum,maka ia termasuk kedalamnya “ (AL-hadist). termasuk yang dijadikan bahasan hadist itu adalah ikut merayakan hari raya orang-orang di luar islam,di antaranya Valentine Day.menurut para ahli tafsir Al-qur’an seperti Ibnu Abbas,haram hukumnya bagi kaum muslimin untuk hadir apalagi merayakan hari raya di luar islam.
Jadi intinya kita sebgai remaja islam jangan prnah merayakan acara kasih sayang (Valentine Day) tanggal 14 Februari. Karena Valentine Day merupkan bukan budaya muslim dan jauh dari koridor Isalam.

dharmo

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 comments: