Tutorial Install FTP Server di Ubuntu

Sunday, March 03, 2013 , , 0 Comments

Kembali lagi bersama saya dharmo yang kece badai wkwkwkkw, oke kali ini saya mau share atau berbagi sedikit cara install ftp server di linux ubuntu 7.10, buat belajar mending di virtual pc atau virtual box aja. saya asumsikan bahwa os linux ubuntu sudah terinstall dan ip sudah di seetting menjadi 10.10.10.1. oke gan langsung aja kita mulai.

1. Install paket ftp, bisa vsftpd atau proftpd pada tutor kali ini kita akan menggunakan vsftpd. ada dua cara untuk mengistall paket yaitu: dari cd binari ubuntu atau dari repository (harus konek internet). oke kita akan coba terlebih dahulu menginstall menggunakan cd binari atau secara offline:
a. masukan cd binari nya ke cd-drive lalu ketikan perintah
#apt-cdrom add
perintah tersebut untuk mounting cd yang tadi kita masukan, tunggu saja sampai prosesnya selesai.
kemudian ketikan perintah
#apt-get install vsftpd
sampai di situ proses intallasi selesai tanpa kita harus mengkonfigurasi apa pun FTP server sudah bisa kita gunakan dan default directory nya ke /home/ftp anda bisa memasukan file yang ingin di share ke sana.
Sebenarnya masih ada jenis ftp yang harus login, jadi setiap user yang ingin masuk ke ftp server harus login dulu. nanti kita bahas di postingan selanjutnya.

Dharmo

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 comments: